Sunday, September 16, 2012

Tips Belajar TI

Bagi rekan2 yang bener2 awam di bidang TI dan pengen belajar serius, cobalah beberapa tips berikut :
1. Pastikan tujuan pembelajaran anda bukan hanya untuk satu sistem operasi "Semakin banyak yang kita pelajari maka semakin bagus karena tuntutan kerja bermacam-macam".
2. Coba di mulai dari instalasi seperangkat komputer "jangan pernah takut untuk mencoba" kalo kesetrum sih wajar.
3. Kalo kita hanya cuma bisa pake, coba saja aplikasi yang sudah terinstall "Jangan takut salah" kalo gak salah gak mungkin berkembang.
4. Masih belum puas kan rasanya kalo hanya bisa pake?... nah... cobalah install Sistem Operasi nya, kalo takut error, coba menggunakan Virtualisasi seperti "Virtual Box, VMWare, Virtual PC, atau yanglainnya", lakukan secara continue jangan lupa step by step nya di catat.
5. Kalo sudah yakin bisa, jangan ragu untuk langsung mencobanya di instalasikan pada komputer anda "kalo Error, masih ada tukang service", eitttsss... jangan salah banyak yang bisa kita pelajari dari tukang service, tukang service nya bawa kerumah, nanti kita pelajari apa yang dia lakukan berdasarkan step by step nya.
6. Yakin hanya ingin mempelajari satu sistem operasi?...Walaupun sudah bekerja di bidang dengan OS tertentu, tetap saja kita harus mempelajari OS lainnya, ketika kita disiruh menggunakan OS lainnya, kita sudah terbiasa juga "ini menjadi peluang buat kita".
7. Bingung gak ada yang ngajarin?... cobalah berubah cara berfikirnya "Belajar dulu kalo mentok baru mencari panduan di internet kalo masih mentok, masuk ke forum2 diskusi dan tanyakan apa masalahnya"
8. Jangan cepat puas dengan apa yang sudah kita bisa, tetapi puaslah dengan apa yang belum kita bisa, karena kita akan semakin banyak belajar dari apa yang belum kita bisa "Ego penasaran harus lebih besar"
9. Itu hanya masih software, masa udah puas... coba telusur ke hardware, jangan susah2 dulu, tapi coba dari Merakit komputer "komputer yang kita gunakan di copoti dan kita rakit kembali" jangan lupa sebelum mencopoti semua di bikin catatan dulu atau kalo bisa di poto dulu biar kalo kita lupa masih ada dokumentasinya.
10. Baru merakit apakah sudah puas?... "Jangan cepat puas" selanjutnya coba ke bagian jaringan nya... kalo bingung gak punya alat, banyak kok di luar sana yang menyediakan virtualisasi nya secara gratis misal : "Notepad Network, GNS3, dan masih banyak lagi".
11. Kalo udah ngoprek pastikan lebih penasaran?... "Ayo kita menabung"... untuk membeli harware yang akan kita implementasikan dan kembangkan selanjutnya.
12. Udah bisa Software, Hardware dan Jaringan kan... ayo kembangkan sendiri, bentuknya dalam hal apapun itu pasti anda tau manfaatnya.
Demikian tips yang bisa saya share untuk anda, semoga bermanfaat.

"Manusia tidak ada yang bodoh, hanya belum bisa"

by Mulyana

1 comment: