Wednesday, October 10, 2012

Statechart Diagram


Statechart diagram memperlihatkan berbagai state (keadaan sesaat) yang dilalui sebuah objek, dan kejadian-kejadian yang menyebabkan sebuah transisi dari satu state ke state lainnya, dan aksi yang mengakibatkan suatu perubahan state.

Elemen-elemen statechart diagram biasa muncul yaitu :
  • ·         State (keadaan sesaat)
  • ·         Start (keadaan awal) dan End (keadaan akhir)
  • ·         Transition (transisi)
  • ·         Action Entry, Do dan Exit


State menjelaskan keadaan tertentu suatu objek selama masa hidupnya selama memenuhi syarat atau kondisi tertentu atau menunggu suatu event (kejadian). Start dan end menggambarkan permulaan dan akhir dari suatu proses. Transition adalah hubungan antar dua state yang menunjukan kapan sebuah objek dapat bergerak pada state lainnya, manakala bertemu dengan suatu kondisi tertentu.

Dalam statechart diagram, sebuah transisi kepada elemen itusendiri adalah serupa dengan sebuah transisi state, tetapi tidak memindahkan “pusat perhatian” atau sebuah transisi denganstate asala dan state target yang sama. Dalam statechart diagram tiap-tiap state dapat mengandung beberapa aksi didalamnya ( internal action ). Aksi menggambarkan sebuah tugas yang terdapat dalam sebuah state, yaitu On Entry, On Exit, Do, On Event . Aksi On Entry merupakan tugas yang harus dilakukan suatu object ketika objek tersebut memasuki state tersebut.

Aksi On Exit merupakan tugas yang harus dibuat suatu objek ketika objek tersebut keluar dari state tersebut. Aksi Do merupakan tugas yang harus dibuat suatu objek ketika berada dalam state dan harus terus-menerus dikerjakan sampai keluar dari state tersebut. Aksi On Event merupakan tugas untuk memicu suatu aksi hanya jika suatu event tertentu diterima. Aksi On Event tidak memicu aksi lain dan juga transisi kepada dirinya ( self transition ). Self transition membuat aksi entry dan exit.

Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalamn kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring. Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah.

0 comments:

Post a Comment