Sunday, July 8, 2012

The Five Love languanges (lima bahasa kasih)

Mengapa terkadang orang yang kita cintai merasa tidak kita cintai ? Padahal cinta telah kita curahkan kepadanya setiap hari. Menurut Gary Chapman, pasangan kita akan merasa dicintai apabila cinta yang kita curahkan sesuai dengan bahasa cinta mereka. Setiap orang memiliki bahasa kasih sendiri - sendiri, sehingga kita harus mengetahui bahasa kasih pasangan kita. Ada lima bahasa kasih yang harus diketahui, yaitu ;

1. Kata - kata pendukung.

Kata-kata pendukung berupa ucapan terima kasih, kata penghargaan, kata pujian, rayuan, kata yang bersifat peneguhan, kata motivasi akan sangat bermakna bagi yang mempunyai bahasa kasih kata-kata pendukung. namun sebaliknya kata cacian, makian, kata-kata meremehkan, penghinaan, kata - kata memvonis yang buruk akan sangat menyakitkan bagi pasangan kita yang punya bahasa kasih kata-kata pendukung.


2. Saat-saat mengesankan.

Suasana romantis merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi pasangan yang mempunyai bahasa kasih saat-saat mengesankan. Sebaliknya suasana yang menakutkan, tegang akan membuat ia merasa tak dicintai. Oleh kaena itu sedapat mungkin pasangannya menciptakan suasana yang berkesan. Salah satunya makan diluar pada tempat makan dengan suasana pegunungan yang indah mungkin membuat ia merasa nyaman dan dicintai. Satu lagi, orang yang memiliki bahasa kasih saat-saat mengesankan menuntut anda untuk selalu hadir bersamanya.. Ia akan merasa dicintai jika anda selalu ada dan melakukan suatu kegiatan bersamanya seperti mencuci piring, menyetrika, berkebun, mencuci mobil dan lain-lain. Sebaliknya ia akan merasa tak dicintai jika anda membiarkannya melakukan sesuatu tanpa keikutsertaan anda, dan atau, anda mengerjakan sesuatu tanpa mengikutsertakan dia.

3. Menerima hadiah-hadiah
Sering-seringlah memberi hadiah pada pasangan anda yang mempunyai bahasa kasih suka menerima hadiah. Selidikilah sikapnya setiap kali anda memberi hadiah kepadanya. Apakah sikapnya tambah mesra atau tidak. Jika ya, maka lanjutkan. Ia akan merasa tak dicintai apabila anda tak pernah memberikan sesuatu berupa hadiah kejutan (surprise). 

4. Pelayanan.

Diantara sekian banyak bahasa kasih, maka orang yang memiliki kekasih atau pasangan dengan bahasa kasih pelayanan lah yang paling capek alias lelah. Karena ia senantiasa harus melayani pasangannya, jika tidak maka ia dianggap tidak mencintai kekasihnya. Mulai jadi tukang ojek mengantarnya kesana- kemari hingga bahkan mungkin memasak. Tapi kalau sudah cinta apa boleh buat, daripada dianggap tidak mencintainya maka lebih baik menyalurkan cinta lewat pelayanan.

5. Sentuhan fisik

Belaian kasih sayang pada rambut kepala membuat seseorang merasa disayangi. Itulah bahasa kasih sentuhan fisik yang dialami sebagian orang. Namun jangan coba-coba jika yang melakukan hal tersebut bukan orang yang dicintainya, hal ini bisa membuat marah orang yang dibelai. Ini dilakukan jika pasangan kita mempunyai bahasa kasih sentuhan fisik. Sering-seringlah menyentuhnya secara fisik sehingga membuat ia merasa dicintai. Keengganan menyentuhnya membuat ia merasa tak dicintai. 

Demikian lima bahasa kasih yang perlu kita ketahui terhadap pasangan kita.
Semoga bermanfaat. ....

Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/family-and-relations/2080550-love-languanges-lima-bahasa-kasih/#ixzz1zzgAdBC0

0 comments:

Post a Comment